Memilih dan Merawat Celana yang Tepat Untuk Pria

Kalau disuruh memilih antara celana panjang pria dan pendek, apa pilihan Anda? Kebanyakan pria bakal bingung saat ditanyakan hal seperti ini. Bagi mereka, celana sekadar bawahan yang dikenakan setiap hari. Tak ada sesuatu yang istimewa dari sebuah celana, apalagi potongannya. Untuk itu, penting rasanya membahas beberapa alasan dan tips memilih celana bagi pria.


Alasan yang Memperkuat Pemilihan Celana
Saat memilih dan membeli celana, Anda seharusnya tahu acara yang akan didatangi serta bahannya. Meskipun terdengar sederhana, 2 hal ini mutlak dilakukan oleh para pria, terutama metroseksual. Anda tak ingin tampil berlebihan atau salah kostum bukan ketika menghadiri sebuah undangan? Oleh sebab itu, kenali karakter acara yang akan dihadiri.

Apakah acara tersebut formal atau kasual? Ada baiknya hindari celana pendek untuk acara formal, sebab akan memicu kesan jelek. Pilih celana panjang pria berbahan kain untuk tampilan formal nan elegan. Pastikan pula warna yang dipilih tak terlalu mencolok, seperti merah atau kuning. Anda bisa memilih warna-warna netral maupun monokrom.

Di samping itu, potongan celana juga mesti diperhatikan. Jangan sampai terlalu panjang, apalagi menyentuh area lantai. Alih-alih membuat tampilan kian memukau, celana semacam ini justru tak sesuai tempat. Anda juga akan terlihat tak rapi dengan potongan celana yang terlalu kepanjangan. Nah, poin pentingnya tentu menyesuaikan keadaan sekitar dan jenis acara.

Seperti yang telah disebutkan di atas, beberapa celana didesain untuk acara-acara khusus. Misalnya saja, celana jeans panjang yang lebih pas untuk hangout atau acara kasual bersama teman. Celana panjang pria bahan dikenakan ketika Anda menghadiri acara peresmian maupun ke kantor. Dengan begini, penampilan Anda bakal lebih memukau dan dinilai menyenangkan bagi siapapun.

Selain poin-poin di atas, beberapa pria menyebutkan ukuran tubuh sebagai patokan. Alasan ini sebenarnya masuk akal, mengingat bentuk tubuh setiap orang berbeda-beda. Anda tak bisa menyamaratakan da mengenakan celana panjang yang sama dengan orang lain. Pria bertubuh langsing akan terlihat aneh dengan celana skinny yang kian menonjolkan kelangsingannya, begitu pula sebaliknya.

Cara Merawat Celana Bahan Apa Saja
Sama halnya dengan celana maupun pakaian lainnya, perawatan menjadi hal wajib yang harus diketahui. Hal ini untuk menjaga celana tetap terlihat bagus, meskipun sudah dikenakan berkali-kali. Tak cuma itu, masa pakai celana pun akan lebih lama daripada perkiraan. Perawatan tiap celana akan berbeda dan tergantung bahan pembuatannya.

Untuk celana bahan, sebaiknya baca aturan perawatan yang tertera. Umumnya, ada 2 tipe pencucian untuk celana panjang pria bahan, yakni cuci manual dan mesin cuci. Keduanya punya perbedaan, terutama pada ukuran suhu air yang digunakan. Sebelum mencuci, usahakan Anda telah memeriksa seluruh saku yang ada. Keluarkan barang maupun sampah yang masih disimpan di saku.

Jika sudah, barulah Anda mulai mencuci celana. Gunakan deterjen yang sesuai, misalnya deterjen khusus mesin cuci untuk pencucian menggunakan mesin. Bagi Anda yang mencuci manual, lakukan perendaman agar noda dan kotoran yang menempel bisa hilang. Setelah itu, kucek bagian yang dirasa terlalu kotor. Hindari mengucek celana terlalu keras, karena akan merusak serat bahan.

Tips yang paling penting untuk diingat adalah penjemuran. Usahakan menjemur celana di area yang tak terlalu panas atau di bawah sinar matahari langsung. Paparan sinar matahari akan merusak warna hingga memudar. Sebaiknya pilih area menjemur yang sekadar terkena angin, supaya celana panjang pria cepat kering dan tak meninggalkan bau.