Review Sekilas Chevrolet Cruze Super Elegan Banget

Ini persisnya masuk sedan biasa ataupun sedan bermutu betul? Saloon apa mobil gerak badan sih? Pertanyaan-pertanyaan ini terbesit di isi kepala aku kala pertama kali memandang bentuk tubuh Chevrolet Cruze. enggak apa-apa, Chevrolet bisa mengkombinasikan banyak keadaan dalam bentuk tubuh sedan terbarunya ini. Rencananya PT GM AutoWorld Indonesia, berlaku seperti pemegang mereka Chevrolet di Indonesia, bakal memperkenalkan dengan cara aci Cruze di Senayan City, siang ini.


Tetapi aku memperoleh kans mengekplorasi lebih dahulu Cruze. GMAI membujuk sebagian beritawan otomotif buat melaksanakan test drive di area Jawa Barat, 8-9 Maret kemarin.

Sejenak Cruze 
Cruze lahir dari perolehan kerja keras General Motors. Lebih dari 200 prototipe, 4 juta mil ekspedisi percobaan coba di semua dunia dengan hal berlebihan bersama pemodalan sebesar US$ 4 miliar membuat Cruze jadi cetak biru yang glamor buat pabrikan General Motors. akan tetapi Cruze dipercayai dapat jadi andalan baru serta digemari klien dengan cara garis besar karna amal konsep pembentukan sedan kategori menengah ini hadir dari bermacam arah dunia.

Keseluruhan pemasaran Cruze dengan cara garis besar ketika ini telah mendekati 332, 167 bagian. bahkan pada Januari 2010, telah lebih dari 24 ribu bagian Cruze terjual di semua dunia – 17 ribu diantaranya laris cuma di china. Inilah yang membuat General Motors kian benar-benar percaya dengan Cruze termasuk membawanya masuk ke Indonesia, yang jadi negara ketiga di area Asia Tenggara sehabis Singapura serta Malaysia.

Sukses membuat berhasil garis besar sehabis dimunculkan pertama kali pada 2008 kemudian, saat ini pabrikan mobil General Motors memboyong “jagoan” barunya itu Indonesia serta bakal dimunculkan 15 Maret akan datang. Chevrolet mau Cruze menambahkan lagi berhasil dua “saudara”-nya, Captiva di kategori gerak badan utility vehicle (SUV) serta Zafira yang masuk jenis multi purpose vehicle (MPV).

Desain 
Sedan berlagak bermutu. Itulah kesan yang tampak ketika pertama kali aku memandang bentuk tubuh Cruze. bentuk luar Cruze memang lebih mendekati sedan kategori bermutu dengan gaya gerak badan. bahkan GMAI berani memberi tagline Beyond All Sedan nama lain di berdasarkan semua sedan (yang terdapat ketika ini).

Desain eksklusif pada engine hood, gaya dual port pada grill depan dipisahkan oleh alang sebangun bentuk tubuh, berlebih logo Chevrolet dengan desain baru persisnya di tengah-tengah. Lampu depan terbuat jirus ke arah fender, wheel arc yang besar, serta dua buah bulatan pada rear combination lamp yang berpadu dengan barang kian menerangkan bentuk terbaru Chevrolet. Velg 16 dim alloy wheel 5 alang berdimensi 205 atau 60 R16 kian membuat performa Cruze sporti serta kokoh.

Interior 
Masuk ke kabin, pandangan cukup istimewa terbambang. susunan two tone--kombinasi dua warna--terasa lekat. bagian dashbroad serta trim pintu dilapis kulit berona merah bata (buat tipe otomatis AT) serta mesh fabric berona biru sonic (buat tipe MT). setang tiga palangnya dilapisi kulit sangat tepat digenggam bersama aksen silver serta logo aurum chevrolet di lagi setang kelihatan sporti serta glamor.

lapisan skema audio yang telah dicukupi dengan CD changer pada panel lagi cukup enak dijangkau tangan juru mudi. Sementara panel cluster m juru mudi terbuat dengan bentuk tiga bundaran dicukupi aksen krom. skema iluminasi cluster m berona biru diadopsi dari Chevrolet Camaro yang terkenal di film Transformers kian menambahkan kesan sporty.

Performa 
Cruze yang bakal dimunculkan aci Senin (15 atau 3) akan datang ada dengan mesin berkapasitas 1. 8 liter bentuk empat bumbung sealiran dengan versi pengiriman buku petunjuk serta otomatis. Cruze jadi mobil pertama di kelasnya yang mesinnya dicukupi dengan Double Continous Variable asi Phaser (DCVCP) alhasil membuat makan bahan bakar lebih berdaya guna, menambah daya serta torsi serta emisi gas campakkan lebih kecil.

Mesin tipe FIG3 DOHC 16 valve dengan electronic throttle control ini bisa membuahkan daya maksimum 141 ps pada 6. 200 rpm serta torsi 176 Nm pada 3. 800 rpm. Cruze pula jadi sedan pertama di Indonesia di kelasnya yang memasang skema enam akselerasi otomatis. Chevrolet bisa bangga buat yang satu ini. Dua rivalnya, paling tinggi memakai pengiriman 5-speed electronic control pada Honda Civic sebaliknya Toyota Corolla Altis mengenakan 4-speed dengan Sequential Gate Type.

Tetapi terdapat satu fitur yang buat aku gandrung. buat bentuk AT ada fitur cruise control yang tercantum pada setang. Pada bagian kiri setang terdapat dua kenop di kiri serta kanan berlebih satu buah scroll (cakra) yang membidik ke berdasarkan serta ke bawah. fitur ini berperan buat menata laju kendaraan dengan cara konsisten tanpa harus memijak dayung gas.

Mulanya, rasanya agak-agak abnormal, karna kaki aku serupa sekali enggak beroperasi. tetapi berangsur-angsur, fitur ini membuat aku dapat nyantai. sehabis diaktifkan, aku cukup memutar scroll cakra ke berdasarkan sehingga mobil bakal maju kian cepat. jika mau melambatkan bercokol diputar ke arah bawah (bertentangan). Mirip-mirip mouse laptop, pikir aku.

Harga 
Dari segi harga, Cruze jadi yang temurah di kelasnya. Cruze dijual dengan harga Rp 309 juta buat tipe buku petunjuk serta Rp 335 juta buat tipe otomatis. Rivalnya, Corolla Altis, dilepas Rp 323, 5 juta (tipe 1. 8 J meter atau T) serta Rp 346, 7 juta (tipe 1. 8 G A atau T). sebaliknya Honda Civic dibandrol Rp 337 juta (1. 8 L buku petunjuk) serta Rp 350 juta (1. 8 L otomatis).

Debora Amelia Santoso, Marketing & PR Director GMAI, berterus terang berpengharapan Cruze dapat mendobrak nilai 250 bagian lebih sampai akhir tahun 2010 ini. maksudnya Chevrolet sedia menjual pada umumnya 25–30 bagian masing-masing bulan. memercayakan fitur serta harga, bisa jadi Cruze akan menarik animo konsumen. tetapi sekali lagi, berhasil tidaknya satu buah produk, bakal ditetapkan oleh pemilahan pasar. Jadi siap-siap aja.